Home » , , , » Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Belum Maksimal

Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Belum Maksimal

Posted by Kabar Berita on Minggu, 19 Januari 2014

Teknologi Modifikasi Cuaca

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Heru Widodo, mengaku teknologi modifikasi cuaca yang sudah dilakukan belum optimal. Hal itu karena keterbatasan perlengkapan yang digunakan untuk menebar garam (NaCl).


"Kondisinya sekarang, kami masih belum puas karena hanya bisa terbang sekali tiap harinya dan kemarin baru bisa dua kali. Sehingga penerbangan masih kurang banyak sekali," kata Heru, kepada wartawan, di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Sabtu (18/1/2014) malam.

Sejak penyebaran garam dimulai Selasa lalu, baru enam kali penerbangan dilaksanakan, dan menebar sebanyak 21,240 ton garam. Garam itu disebar di Pelabuhan Ratu dan Selat Sunda. Penerbangan itu hanya menggunakan pesawat jenis Hercules dan Casa 212-200.

BPPT telah meminta TNI AU untuk menyediakan tiga pesawat. "Dengan kondisi seperti ini, normalnya penerbangan harus bisa enam kali per harinya. Seperti kasus Januari-Februari tahun 2013 lalu," kata Heru.

Namun BPPT tidak bisa memaksa TNI-AU untuk cepat menyediakan pesawat. Sebab, sejumlah pesawat juga digunakan untuk menyalurkan bantuan ke Sinabung, Manado, dan sejumlah tempat lainnya.

Saat ini, BPPT telah melapor kepada Kepala BNPB, Syamsul Ma'arif dan TNI-AU untuk penambahan pesawat. Akan ada tambahan dua unit pesawat tetapi sprint (surat perintah terbang) belum ada.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent