Home » , » Penangkapan Tiga P2SDKP di sekitar Tanjung Berakit, Bintan, Kepulauan Riau oleh Malaysia

Penangkapan Tiga P2SDKP di sekitar Tanjung Berakit, Bintan, Kepulauan Riau oleh Malaysia

Posted by Kabar Berita on Selasa, 17 Agustus 2010

 Kapal P2SDKP
Insiden Penahanan tiga P2SDKP Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) oleh aparat Malaysia di sekitar Tanjung Berakit, Bintan, Kepulauan Riau dinilai Dubes Malaysia untuk RI, Dato Syed Manshe Afdzaruddin Syed Hassan tak mempengaruhi hubungan bilateral kedua negara.
"Hubungan Malaysia dan Indonesia perfect. Tidak ada keraguan untuk itu," kata Hassan di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, (17/8) usai menghadiri Upacara Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus.
Hasan juga mengatakan bahwa ketujuh nelayan asal Malaysia dan tiga petugas KKP telah sama-sama dipulangkan berdasarkan kesepakatan bersama. "Ini kesepakatan bersama. Ini hanya isu kecil yang bisa dilakukan dengan persahabatan serumpun," katanya.
Saat ditanya mengenai insiden serupa yang telah terjadi 10 kali, dia mengatakan hal itu terjadi karena kedua negara berbagi batas laut dan berdekatan. "Kita ini satu rumpun dan dalam batas yang berdekatan. Kita harus menyelesaikan ini sebagai sahabat," katanya.
Sementara itu ditemui di lokasi yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Fadel Muhammad mengatakan bahwa pihak Malaysia harus di desak meminta maaf atas insiden itu. "Harus didesak minta maaf kepada kita, karena (kita) tidak bersalah," katanya.
Menurut Fadel, sesungguhnya hubungan antar Pemerintah Indonesia dan Malaysia di tataran atas terbilang cukup baik namun sayangnya hal itu tidak diikuti di tataran bawah. "Mereka kalau di tingkat atas Malaysia itu baik sama kita ... tetapi ditingkat aparat bawah itu yang saya merasa kurang enak hubungannya," katanya.
Fadel menjelaskan bahwa insiden tersebut bukan untuk pertama kalinya terjadi. "Ini pengalaman pahit yang kita hadapi dan pengalaman ini bukan yang pertama kali,sudah berapa kali,sudah 10 kali kita mengalami yang seperti begini dengan Malaysia," katanya.
Oleh karena itu, kata dia, harus mulai dicari pola baru dalam kerjasama pengaturan keamanan di Indonesia. Dia juga mengaku tak keberatan dengan usulan pengoperasian kapal-kapal KKP oleh Angkatan Laut.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent